Cara cepat cari Produk yang anda butuhkan di website ini. Cukup ketik kata kunci pencarian pada kotak di atas.
Logo informasi kursus desain iklan pin

AGAR LCD TV ANDA TETAP AWET

Pertama-tama saya ingin ucapkan terima kasih sudah diberi kesempatan berbagi :

LCD TV ataupun LED TV adalah sesuatu yang baru dan kini kehadirannya sedang booming di tengah masyarakat. Saya adalah salah satu orang yang terkesan dengan kehadiran teknologi di bidang elektronik yang satu ini. Bayangkan siapa yang tidak tertarik dengan penampilannya yang slim/tipis dan kemudahannya untuk dipindah-pindah. Gambar yang sejernih crystal (tentunya didukung dengan kemampuan penangkapan sinyal yang bagus). Oleh karena itu setahun yang lalu saya akhirnya juga ikut membeli sebuah TV LED dengan cara mencicil selama 1 tahun. Namun baru-baru ini setelah pembayarannya lunas selang 3 bulan berikutnya TV LED saya ini mengalami timbul garis-garis vertikal secara penuh di sepertiga bagian kanan layar  TV.  Ketika saya cek di kartu garansi ternyata garansinya hanya setahun artinya sudah lewat. Akhirnya saya coba saja membawa ke service resmi merk TV tersebut. Oleh Teknisi disana begitu dilihat langsung mengatakan layar TV saya memang rusak dan tidak bisa lagi diperbaiki selain dengan jalan mengganti layar dengan yang baru. Waduh…saya langsung nepok jidat, bisa begini ya dalam hati saya bertanya sendiri. Cepat amat kalahnya nih barang. TV konvensional saya 2 biji di rumah yang masih makai tabung malah salah satunya merk cina eh baik-baik aja tuh padahal dibeli 3 tahun lebih awal daripada TV “canggih” ini. Hmm perasaan saya betul-betul kecewa campur nggak percaya dengan kenyataan ini. Namun dalam hati sempat bertanya apakah betul semua TV jenis begini cepat kalah seperti yang saya alami? Mana mungkin ia masih bertahan di pasaran kalau selalu mengecewakan konsumennya begini ? Ketika saya tanyakan kira-kira apa penyebabnya berikut penjelasan teknis tersebut :

  1. Tegangan listrik yang turun naik akan berpengaruh kepada TV karena baik LCD maupun LED monitor itu gambar-gambarnya dibentuk dari lampu-lampu kecil (berbeda cara kerjanya dengan monitor tabung) yang sangat rentan terhadap naik turunnya tegangan. Oleh karena itu disarankan menggunakan Stavolt (Stabilizer Voltage). Si teknisi mengakui sendiri ada beberapa keluaran TV yang sudah menyertakan adaptor pada TVnya. Adaptor inilah yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan. Oleh karena itu jika anda membeli TV jenis ini disarankan untuk mengecek ada tidaknya adaptor yang disertakan. Atau jika sudah terlanjur membeli yang tanpa adaptor sebaiknya sekarang juga anda memasang Stavolt atau UPS pada TV anda sebelum mengalami kerusakan seperti yang saya alami. Ya meskipun dengan konsekwensi menyiapkan tempat untuk adaptor TV hehehe. Si teknisi bercerita dulu ada klien dia yang menggunakan stavolt pada TV LCDnya selama 4 tahun. Dan selama itu TVnya baik-baik saja. Namun ketika Stavoltnya rusak dia tidak segera menggantinya dan tetap menggunakan TVnya. Alhasil tidak sampai 2 minggu TVnya langsung rusak. Sebagai gambaran waktu saya tanyakan berapa harga layar LCD TV yang baru katanya berkisar setengah lebih sedikit dari harga baru TV. Jadi pilih mana ?
  2. LED dan LCD TV juga cepat panas jadi jangan terlalu diforsir artinya dinyalakan terus walaupun pada saat tidak ditonton. Penggunaan Stavolt ataupun UPS lagi-lagi dapat membantu kekurangan TV jenis ini.

 

SEMOGA BERMANFAAT.

 

Tinggalkan Pesan Anda