Cara cepat cari Produk yang anda butuhkan di website ini. Cukup ketik kata kunci pencarian pada kotak di atas.
Logo informasi kursus desain iklan pin

Pengalaman Buruk TRADING EMAS di PT. Solid Gold Berjangka Makassar

BERSIAPLAH RUGI !

(Jangan hanya siap untung)

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada bung Admin apabila tulisan saya berikut ini bisa dimuat di web anda. Hal ini semata-mata sebagai pembelajaran kepada rekan-rekan bisnisman di kota Makassar atau Sulawesi Selatan pada umumnya yang biasanya menjadi sasaran dari sales atau marketing perusahaan ini. Saya menuliskan kisah saya ini setelah saya mengalami kerugian transaksi di PT. Solid Gold Berjangka cabang kota Makassar.

Berikut kisah saya :

Investasi Emas ! siapa yang tidak tergiur dengan istilah ini. Ya seakan-akan investasi di komoditi yang satu ini sangat menjanjikan keuntungan dengan resiko yang kecil. Dalam dunia investasi emas ada beberapa cara yang ditempuh orang. Yang paling tradisional adalah yang biasa dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga atau kaum hawa pada umumnya yakni dengan membeli emas perhiasan. Menggunakannya saat diperlukan dan menjadikannya barang jaminan saat butuh uang tunai. Bagi yang berpikiran lebih maju biasanya mereka mmebeli emas batangan dan menyimpannya di tempat yang aman kemudian menjual emas tersebut di saat harga emas di pasaran naik secara signifikan. Ada beberapa macam lagi bentuk investasi emas yang cara dan tekniknya sudah tidak setradisional dahulu. Namun kali ini saya hanya akan membahas teknik investasi emas terkini yang dianggap (setidaknya ini anggapan) dapat memberikan keuntungan dalam waktu singkat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi utamanya teknologi informasi (baca : internet)

Bapak, Ibu, Saudara (i) sekalian yang saya hormati,

Pernahkah Bapak, Ibu, Saudara (i) sekalian mendapatkan telepon dari seseorang yang lalu menawarkan kepada anda sebuah bentuk bisnis investasi emas. Mungkin beberapa diantara mereka tidak langsung to the point karena mereka tahu bahwa banyak orang yang alergi dengan investasi yang tidak jelas. Jadi bahasa mereka di awal-awal biasanya tidak eksplisit (terbuka) kepada masalah investasi tetapi diupayakan bagaimana caranya supaya mereka bisa bertemu dengan Bapak, Ibu, Saudara (i) sekalian. Jika pada telepon pertama anda menolak kemungkinan besar (seperti yang saya alami) mereka kemudian akan tetap menelepon anda di lain hari dengan orang (sales) yang berbeda dan ¬†terkadang dengan nomor yang berbeda pula.. Dalam kasus saya karena saya cowok yang selalu menelepon adalah seorang cewek mungkin supaya calon nasabah gampang termakan bujukan kali ya… ūüôāBaiklah mulai dari sini saya akan menulis kronologis kisah pribadi saya sendiri agar tulisan ini lebih bersifat objektif dan jauh dari kesan subjektif. Mumpung saya masih semangat-semangatnya menulis dan masih diselimuti rasa kecewa, galau dan perasaan tidak menentu setelah hari ini Senin Tgl. 15 Oktober 2012 saya mendapat kepastian dari pihak PT. Solid Gold Berjangka ¬†(SGB) di kota Makassar yang diwakili oleh saudara Sarde Malliso (bukan nama sebenarnya) selaku wakil pialang yang selama ini saya anggap sebagai konsultan investasi saya bahwa AKUN SAYA TELAH TERLOCK OLEH SISTEM alias perlu TOP UP dana untuk bisa ‚ÄúBERMAIN‚ÄĚ lagi. Istilahnya CALL MARGIN yakni diperlukan suntikan dana tambahan untuk dapat tetap bertransaksi di sistem perdagagangan emas online ini.

Perdagangan komoditi berjangka (Bursa berjangka komoditi) sebenarnya sudah saya kenal sejak dahulu. Kebetulan dahulu di Jakarta ketika perdagangan model ini baru masuk ke  Indonesia saya mengikuti presentasinya. Waktu itu juga masuk ke sana secara tidak sengaja karena terjebak oleh iklan lowongan kerja sebagai KONSULTAN BISNIS yang mana salah satu persyaratannya adalah Fresh Graduated. Saya sebagai seorang sarjana baru yang belum berpengalaman saat itu begitu penuh harapan melamar posisi tersebut apalagi wawancaranya di salah satu gedung di kawasan bisnis Kuningan, Jakarta. Ada kebanggan sendiri sebagai orang kampung waktu itu bisa melamar kerja di gedung pencakar langit di ibu kota Jakarta.

Sesampainya di dalam sudah banyak pelamar lain berkumpul di aula. Kemudian kami dipersilahkan duduk di sebuah ruangan dan mulailah mereka mempresentasikan tentang apa dan bagaimana bursa komoditi berjangka itu. Waktu itu komoditi yang dibicarakan adalah komoditi hasil bumi seperti kacang merah, cokelat dan kopi. Disinggung pula waktu itu apa perbedaan dan persamaan bursa berjangka komoditi (pasar komoditi) dengan pasar uang (valas) dan pasar saham (indeks). Kesimpulannya pasar komoditi lebih menjanjikan dan resikonya minim. Menurut mereka di pasar komoditi apakah harga mau naik atau turun selalu ada kesempatan bagi kita untuk mendapat untung. teknik-tekniknya pun dibeberkan. Di akhir presentasi, setelah kami dianggap mengerti dan yakin akan peluang di bidang ini mereka menantang peserta, siapa yang memiliki dana untuk ikut investasi ini jikapun tidak punya kami diberikan kesempatan memikirkan orang-orang, kenalan yang sekiranya berpotensi untuk ikut investasi ini. Tentunya calon investor harus memiliki dana 25 Juta (setoran minimum tahun 2002) untuk dapat ikut bertransaksi. Saya adalah salah satu dari 3 orang yang berani angkat tangan waktu itu dan seketika itu juga kami bertiga diajak ke sebuah ruangan dan diberikan telepon unutk menelepon investor yang kami maksud. Sy bilang, kenalan saya ini di Makassar, mereka bilang gak apa-apa telepon saja biarpun interlokal (waktu itu pake HP belum jamak). Jadilah saya menelepon kenalan walau dalam perasaan yang tidak menentu karena dalam hati berkata bagaimana mungkin baru mendapat presentasi singkat berani-beraninya ngajak orang untuk investasi duit segede gitu (mungkin nilai 25 juta waktu itu setara dengan 100 juta saat ini, thn 2012). Saya cuman bilang sama keluarga di seberang sana bahwa nanti saya akan jelaskan panjang lebar gak bisa sekarang, padahal dalam hati sy sudah ogah nerusin kemauan orang-orang ini (pihak pembuka lowongan). Akhirnya orang-orang termakan juga dengan alasan saya bahwa nanti di rumah saya akan jelasin lebih lanjut ke keluarga tersebut. Sayapun dilepas dengan penuh harapan oleh mereka dengan dibekali 15 kartu nama instan yang didalamnya tertulis nama saya sebagai konsultan bisnis dengan kantor¬† di gedung…….Kav. …..Jl. HR. Rasuna Said, Jakarta. hehehehe sempat bangga juga waktu itu tapi dalam hati bertanya itu tadi gue ngelamar kantor apaan ya….gaji nggak jelas…..job deskripsi gak jelas…..akh masa bodohlah yang penting gue udah lepas dan entar kalau mereka menelepon nanyain perkembangan pembicaraan dgn calon investor yang kuhubungi gue tutup aja teleponnya atau cari alasan apa gitu…..yang jelas setelah itu kenyataannya saya tidak pernah menelepon keluarga tersebut.

Itulah awal perkenalan saya dengan yang namanya Bursa Berjangka Komoditi atau Pasar Komoditi. Yang jelas waktu itu saya cukup mendapatkan pencerahan dan ilmu baru tentang jenis perdagangan ini. Apa tujuan perdagangan ini, bagaimana ia dilakukan, mengapa perdagangan ini ada, bagaimana hukumnya di mata pemerintah, dan apa persamaannya dengan perdagangan mata uang (valas) dan saham (indeks) yang selama ini istilah tersebut cuma sering saya dengar di berita-berita. Namun saya tidak akan membahas apa bursa komoditi berjangka ini karena cukup panjang. Untuk mengetahui lebih lanjut bisa mencari di google.

Waktu berlalu, sayapun sudah tidak di Jakarta tetapi sudah di kota Makassar. Saya sudah 7 tahunan kembali di kota ini dan saat ini sudah tahun 2012 akhir. Di dekat rumah saya ada sebuah kantor yang sering saya mondar mandiri tiap hari bernama PT. Solid Gold Berjangka (SGB),¬†Stiker-stiker di belakang kaca mobil juga sering saya lihat bertuliskan website perusahaan tersebut. Namun selama ini saya tidak pernah ambil pusing atau ingin tahu itu perusahaan apa. Ya dalam hati paling sejenis MLM yg lagi marak saat ini atau apalah…..

Suatu ketika saya menerima telepon di rumah saya yang merangkap kantor saya. Telepon dari seorang cewek. Dia mengaku dari perusahaan tersebut dan bermaksud ingin mengatur janjian bertemu untuk mengenalkan sebuah bentuk bisnis. Yang pertama saya tanyakan nomor telepon saya mereka dapat dari mana ? Dia Cuma bilang dari database kantor mereka. Waktu itu saya berpikir oya pasti mereka dapatnya dari internet karena kebetulan saya memiliki website untuk bisnis kecil-kecilan saya ini. Mereka pikir mungkin perusahaan yang memiliki website itu perusahaan besar dan pemiliknya punya uang banyak. Padahal website itu saya sendiri yang buat dan usaha saya juga hanyalah usaha kecil-kecilan dimana saya sendiri yang jadi pegawainya,,,hicks… Lalu saya minta dia untuk menjelaskan dengan terus terang apa bisnis yang dia maksud. Tadinya dia bersikeras ingin menjelaskannya di tempat saya saja yang penting bisa bertemu.¬† Tetapi saya bilang bahwa saya lagi banyak pekerjaan gak bisa janji kapan bisa bertemu. Akhirnya dia mau juga menjelaskan bahwa ini adalah bisnis di pasar Komoditi Emas. Saya lalu teringat dengan pengalaman saya mengikuti presentasi beberapa waktu lalu. Saya langsung menanyakan berapa dana setoran minimal untuk masuk disini. Dia bilang 100 juta. Saya yang dari awal sudah phobia dengan bisnis ini¬† langsung bilang saya tidak punya uang sebanyak itu dan saya cuma usaha kecil-kecilan bukan pengusaha besar seperti yang mereka bayangkan. Saya juga bilang bahwa saya tahu sedikit banyak tentang bisnis ini karena pernah mendengar presentasinya meski untuk komoditi emas saya baru dengar kali ini. Mungkin dia berpikir wah orang ini tidak perlu penjelasan panjang lebar dan selanjutnya dia cuma bilang lain waktu akan menelepon lagi ketika saya minta pembicaraan telepon ditutup karena saya mau keluar.

Beberapa hari atau minggu kemudian dan hari-hari selanjutnya saya kerap mendapat telepon lagi meski dengan orang-orang dan nomor telepon yang berbeda-beda. Bahkan ada juga dari dua perusahaan yang berbeda dengan modus bisnis yang sama. Yang satu malah berkantor di Gedung xxx Sy jadi ingat tempat saya melamar dulu di Jakarta. Halah….perusahaan dengan kedok berkantor di gedung-gedung tinggi untuk meyakinkan para pelamar.

Akhirnya karena sudah keseringan menelepon padahal saya sudah berulangkali menutup telepon mereka atau kadang menerima tapi langsung bilang saya gak ada waktu, suatu saat saya memberikan kesempatan untuk bertemu di kantor/rumah saya (dalam hati saya berkata ini supaya kalian tidak penasaran saja dan supaya saya bisa bilang langsung di hadapan mereka bahwa tolong nama dan nomor telepon saya dihapus dari database mereka dan jangan ganggu saya lagi).

Singkat cerita merekapun datang di rumah saya yang cuma memakan waktu 10 menit perjalanan dari kantor mereka. Si sales cewek yang bernama Risda (bukan nama sebenarnya) membawa seorang konsultan yang lebih senior yang mungkin diharapkan bisa memberikan penjelasan yang lebih jelas dan meyakinkan. Dari cara mereka saya membaca si Risda ini cuma sebagai alat untuk pembuka jalan mengatur janji temu. Sayapun diberi penjelasan tentang mekanisme pasar komoditi yang sebenarnya sedikit banyak sudah saya ketahui. Kalaupun ada yang baru adalah karena yang diperdagangkan adalah komoditi emas dimana secara karakterisitk produk memang berbeda dengan hasil bumi lainnya. Saya juga banyak menanyakan tentang legalitas perusahaan iyu. Untungnya mereka cukup bisa memberikan buki-bukti legalitas perusahaan. Karena terus terang saja selain ragu dengan peruntungan di bisnis ini yang tak kalah penting juga legalitas perusahaan sebagai bentuk pertanggung jawaban pada investor atau yang mereka sebut sebagai nasabah.

Sepulangnya mereka entah kenapa keyakinan saya mulai goyah dan ada sedikit keyakinan pada masa depan investasi ini. Selanjutnya ketika mereka minta janji ketemu lagi saya malah bersedia menyiapkan waktu. Pada kesempatan kedua ini penjelasan mereka makin meyakinkan karena yang mempresentasikan juga sudah tingkat Wakil Pialang selevel dengan supervisor mungkin. Wakil pialang ini memberikan tips dan trik yang meyakinkan. Dikatakan pula bahwa kalau cuma nyari untung sekitaran 1 juta per hari 99% dapat. Atau kalau masuk pasar dengan cermat itu kemungkinan besar untung. Pokoknya gambaran yang diberikan begitu optimis. Kalau ditanyakan resiko mereka hanya bilang ada trik untuk mengakali resiko. Itu nanti mereka yang bantu katanya. Saya lalu bilang kalau bisa saya diberi simulasi dulu kebetulan internet di rumah on 24 jam sementara transaksi di investasi ini dilakukan secara online. mereka bilang bisa….

Akhirnya akun saya di software versi demo (simulasi) mereka aktif dan saya bisa bertransaksi sendiri lewat internet. Saya diberi modal virtual (maya) sebesar 50.000 USD atau dalam kurs mereka yang tetapkan 10.000 per dolar berarti 500 juta. Saat main simulasi ini saya untung sekitar 50 juta tidak sampai 2 minggu. Saat itu saya main tanpa beban dan asal ambil posisi saja. Namun karena saya pikir ini cuma simulasi saja jadi gak terlalu perhatiin hingga kahirnya akunnya jadi non aktif. Kemudian waktu mereka hubungi lagi saya menyuruh mereka untuk membuat akun demo baru lagi karena saya masih belum yakin. Saya meminta mereka menempatkan Cuma 100 juta modal virtual agar lebih realistis dengan kondisi sebenarnya nanti. Ternyata saya untung lagi. Tidak sampai 3 bulan saldo bertambah menjadi 200 juta (100 persen keuntungan). Wah dari sini saya semakin yakin dengan prospek investasi ini dan sekaligus semakin tergoda (oleh setan) untuk menjadi rakus dan tamak ingin mendapat untung dalam waktu sekejap dan tanpa kerja keras….hikcz

Akhirnya saya melego mobil milik orang tua dan meminta orang tua (ibu) menambah sisanya agar genap 100 juta. Saya tahu ibu memiliki sedikit simpanan sisa penjualan tanah setelah dibagi-bagi dengan ahli waris lainnya yang rencananya mau digunakan untuk berhaji. Saya meyakinkan ibu dan istri bahwa saya sudah menjalani demo bisnis ini dan saya mendapat hasil. Seandainya demo waktu itu rugi sudah pasti saya tidak akan yakin dengan bisnis ini. Akhirnya setelah melalui pertentangan pada awalnya dan keragu-raguan ibu merelakan saya ikut bisnis ini karena saya bilang ini untuk keluarga juga daripada uang dan mobil disimpan tidak produktif.

Singkat cerita sayapun ikut dalam bisnis investasi ini. Mula-mula kita dibawakan formulir pendaftaran serta dokumen perjanjian antara pihak PT. Solid Gold Berjangka dengan saya selaku nasabah. Perjanjian ini lebih banyak berisi tentang Tanggung Jawab dan Resiko Investasi ada pada diri nasabah sendiri dan PT. Solid Gold Berjangka dilepaskan dari segala tuntutan hukum atas segala resiko yang terjadi akibat dari transaksi di bisnis investasi ini. Sempat ragu juga koq baru mulai sudah banyak bicara tentang resiko tapi ah sudahlah saya sudah terlanjur yakin bahwa saya masuk kesini untuk mencari untung bukan resiko.

Setelah itu uang 100 juta disetorkan ke akun PT. Solid Gold Berjangka di bank BCA atau BNI Saya juga membuka rekening sebagai tempat transfer uang jika saya ingin mencairkan dana saya sewaktu-waktu. Wah ada sebuah optimisme disini membayangkan bagaimana keuntungan-keuntungan nantinya ditransfer secara berkala ke rekening tersebut sementara modal tetap dimainkan terus.

Setelah proses selesai saya diminta menunggu di rumah standby di depan internet untuk masuk kedalam sistem software mereka. Nantinya mereka akan mananyakan username yang diinginkan. Semntara password awal yang mereka kirim diminta segera diganti begitu sudah masuk ke sistem.

Tak sampai setengah hari sayapun sudah bisa masuk ke sistem. Wow ada sensasi yang berbeda ketika melihat angka disana 10.000 USD, itu sekarang bukan uang abal-abal/virtual/maya, tapi itu jumlah uang betulan yang saya miliki dan jumlah disana itu INGAT  !!! BISA BERTAMBAH DAN JUGA BISA BERKURANG !!! Tergantung PERUNTUNGAN SAYA!!!

Saya masih ingat saat itu bulan puasa, jadi saya jarang beraktifitas keluar dan lebih banyak di kantor atau depan komputer memperhatikan pergerakan turun naiknya harga emas. Minggu pertama saya sempat menghasilkan profit 4 juta. Tetapi profit itu tidak langsung ditarik dibiarkan saja disana bergabung dengan modal menjadi saldo atau equity (ketahanan dana). Minggu kedua sempat naik menjadi 8 juta namun karena ada moment dimana saya panik karena mengira pergerakan harga berbalik arah dari posisi yang saya ambil akhirnya sy memotong keuntungan saya sebesar 6 juta dengan perhitungan daripada rugi lebih besar. Jadi akhirnya saldo keuntungan saya waktu itu kembali lagi hanya 2 juta…..hicks.

Tiba hari lebaran saya berinisiatif mengambil saldo keuntungan  yang 2 juta itu supaya terasa ada manfaat dari bisnis ini. Keluarga saya kasih tahu kalo itu keuntungan dari trading (istilah umum untuk bisnis ini). Ibu dan istri sepertinya gak terlalu mengapresiasi, mungkin dalam hati mereka jangan senang dulu karena bagaimanapun modal yang lebih besar masih tertanam di sana dan masih dibayangi kemungkinan resiko.

Pada hari kedua kami sekeluarga berangkat ke kampung. Paginya sebelum jalan saya perhatiin pergerakan harga beberapa bulan ini dan saya lihat ada titik dimana itu sepertinya menjadi titik jenuh kenaikan harga dan penurunan harga dan selalunya berbalik arah ketika menyentuh titik itu. Akhirnya dengan asumsi tersebut saya meninggalkan 1 order posisi sell (jual) diatas dan 1 order posisi buy dibawah. Harapan saya nantinya jika salah satu posisi itu tercapai maka setelah balik arah nanti saat pulang dari mudik 2 hari saya tinggal melikuidasi posisi yang ada, artinya UNTUNG.

Tetapi apa yang terjadi, 2 hari saya di kampung, saya tdk pernah memantau pergerakan harga. Selain tidak ada tempat dan kesempatan untuk online saya juga belum menggunakan Blackberry waktu itu. Belakangan saya baru tahu kalo didalamnya ada aplikasi yang menampilkan live pergerakan naik turun harga emas. bernama Kcast.

Alangkah kagetnya saya (jantung hampir copot) ketika membuka software trading dan mendapatkan order posisi Sell saya tercapai namun harga yang diharapkan turun bukannya turun melainkan naik. Malah kenaikan itu terjadi 2 hari berturut-turut (sehingga saat itu secara temporer (sementara) saya menderita kerugian 35 juta. Artinya apa ? jika saat itu saya melikuidasi kerugian saya maka uang saya di Bank berkurang 35 juta. Jika saya tidak melikuidasi kerugian dan berharap (berspekulasi) ada keajaiban harga berbalik turun kemudian maka kerugian saya bisa berkurang atau malah bisa berbalik untung. Tetapi jika harga justru makin naik maka kerugian juga akan semakin membesar. Dalam posisi seperti ini siapapun pasti akan mengalami dilema apalagi saya saat itu sudah seperti kehilangan kepercayaan diri untuk melakukan transaksi. Akhirnya karena kepala sudah pusing melihat grafik yang turun naik itu saya putuskan untuk melikuidasi kerugian pasa diangka 40 Juta. Wow

Saya sempat protes pada konsultan trading saya pak SM mengapa sewaktu ia melihat posisi saya sudah semakin jauh dari harapan dia tidak menghubungi saya. Katanya dia coba mnghubungi tetapi tidak bisa masuk. Saya jelaskan sy lagi ke kampung jadi sinyal kurang bagus. Okelah saya memang salah tidak menitip akun saya ke dia. Tetapi mengapa dia tidak mencoba sms karena kalau sms kan akan terbaca pada saat sinyal sudah ada….

Malamnya berharap ada keajaiban, trading yang kulakukan bisa sukses. Malamnya saya coba masuk pasar lagi. Namun apa yang terjadi baru kerugian 3 juta saya langsung melikuidasi posisi karena trauma kalau-kalau kerugian makin bertambah. Ternyata malam itu seandainya posisi tidak saya likuidasi saya bisa dapat untung karena sekitar pukul 1 dini hari harga berbalik arah dan mendatangkan keuntungan bagi saya. Masalahnya adalah apakah saya sekuat itu menatap atau memantau pergerakan harga secara terus menerus sepanjang malam ?? sementara itu setelah harga berbalik mendatangkan keuntungan dia kemudian balik lagi mendatangkan kerugian. Dan memang begitulah sifat dalam trading, harga itu fluktuatif naik turun sepanjang hari. Hanya saja terkadang harga hari itu naiknya tinggi turunnya cuma sedikit ataukah sebaliknya. Nah pada kondisi seperti ini biasanya yang mendatangkan kerugian apabila tebakan atau spekulasi kita tidak sesuai pergerakan harga yang terjadi.

Trading sendiri bbrp kali bukannya kerugian balik lagi malah makin menjadi. Dana saya menjadi sisa 50 juta. Hingga akhirnya saya memutuskan menyerahkan pada oknum SM selaku wakil pialang di perusahaan tersebut untuk memainkan akun saya. Saya pikir dia lebih piawai karena sudah berpengalaman 8 tahun disana. Lagipula menurutnya di kantor mereka indikator untuk menebak pergerakan harga lebih banyak. Selain itu saya juga ingin berkonsentrasi kerja karena sejak bermain trading saya tidak konsen kerja karena perhatian ke trading terus.

Saat itu saya tak henti-hentinya berdoa meminta kepada Tuhan untuk diberi kesempatan mengembalikan uang ibu. Dan saya berjanji pada-Nya apabila uang itu telah kembali maka saya akan menarik diri dari trading ini sebelum sesuatu yang lebih parah terjadi. Saat itu saya kebetulan butuh modal jadi saya menarik uang yang sisa 50 juta itu saya tarik 5 juta sisa 45 juta. Minggu pertama okum SM berhasil mendatangkan keuntungan sehingga total modal waktu itu menjadi 65 juta. Minggu kedua terjadi kenaikan harga yang cukup signifikan lagi dan dia mengambil posisi yang tepat. Bahkan pernah satu malam ia dapat profit 35 juta. Kebetulan waktu itu memang ephoria harga emas naik. Total waktu itu modal saya sudah kembali bahkan ada profit 10 juta. Waktu itu saya begitu kagum pada kepiawaian dia yang membuat sy makin percaya bahwa trading ini harus diserahkan pada ahlinya. Saya sempat bertanya kenapa tidak mencari pinjaman modal atau memanfaatkan uang keluarga kalau ternyata mereka piawai bermain di pasar komoditi. Bukankah hasilnya jauh lebih besar daripada sekedar mendapatkan komisi yang tidak seberapa. Tapi ia berdalih bahwa ada kebijakan dari perusahaan kalau memainkan dana sendiri nanti mereka sudah tidak akan memperhatikan dana nasabah karena lebih fokus pada nasabah sendiri.

Tapi ada yang mengherankan ketika saya mau janji apabila ia berhasil membuat modal menjadi 150 juta maka saya akan memberinya 10 juta sebagai tanda terima kasih. Tetapi ia tidak mau malah lebih meminta referensi kenalan saya untuk menjadi nasabah baru. Tapi waktu itu saya tolak, saya bilang kalau buktinya cuma naik 10 juta belum bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan untuk meyakinkan orang lain. Apalagi kalau mereka tahu saya pernah mengalami kerugian hampir setengahnya pasti mereka akan ragu. Kecuali kalau modal sudah kembali dan yang dimainkan sisa keuntungan. Saya juga jelas berhati-hatilah mengajak kenalan apalagi keluarga untuk terjun di investasi ini. Salah sedikit jika terjadi apa-apa bisa merusak hubungan pertemanan atau keluarga.

Saya lalu menarik yang 10 juta keuntungan itu sehingga jika dihitung-hitung saya sudah menarik total sekitar 17 juta. Kemudian saya juga mulai percaya diri untuk main sendiri dan ternyata bisa mendapatkan profit 4 juta. oknum SM juga masih saya berikan kesempatan untuk memainkan akun saya. Pesan saya ambil sedikit-sedikit aja pak, nggak apa-apa, lama-lama khan jadi besar. Siapa yang mau ngasih 1 juta perhari. Atau kalau memang beresiko masuk pasar tidak usah dipaksakan. Saat itu pikiran saya sudah sangat tenang karena uang sudah kembali dan sekarang tinggal menegmbil keuntungan sedikit-sedikit. Kalau mengambil keuntungan sedikit-sedikit seperti ini cenderung peluangnya besar karena naik turunnya harga biasanya kalau siang (pasar asia) tidak terlalu besar. Kalau mau keuntungan besar memang masuk pada pasar malam hari (pasar amerika) tapi resikornya juga besar kalau tidak sesuai prediksi.

Saat itu analisa para pakar trading mengatakan bahwa harga akan terus naik hingga level 1.800  nanti di level 1.800 baru akan terjadi penurunan sebagai konsekwensi dari over bought. Pada suatu sore kisaran harga ada di level 1.795 saat itu grafik petunjuk harga sedang ada di puncak dan ada indikator grafis yang memberikan isyarat bahwa harga sudah akan turun. Tetapi oknum SM melalui telepon malah menyuruh saya mengambil posisi beli. Saya bilang kenapa begitu. Dia bilang ada berita (rumor) yang mendukung harga akan naik. Ya sudah saya ikuti kemauannya karena saya pikir dia pasti punya informasi lebih lengkap disana. Terkadang indikator grafis memang menipu seakan-akan petunjuknya mau naik atau turun ternyata tidak terjadi.

Lalu yang terjadi ternyata tidak sesuai prediksi. Kali ini petunjuk grafis lebih benar (dan dalam banyak kasus memang petunjuk grafis ini lebih banyak terbukti) harga lalu mulai terjun ke bawah tidak berselang satu jam harga sudah turun 10 poin (artinya 10 juta) saat itu oknum SM menyuruh saya lagi mengambil order posisi beli di 1785 dengan perhitungan tidak mungkin harga turun terus. Ternyata harga mencapai order posisi tersebut dan masih terus terju ke bawah (tidak sesuai prediksi yang tadinya disangkan akan berbalik arah). Dalam kasus ini saya sudah mengalami kerugian 2 kali lipat disebabkan 2 posisi beli yang terbuka. Malam itu ternyata harga sempat merangkak naik dan seandainya saja oknum SM melikuidasi posisi sebenarnya ada untung sedikit. Tetapi ternyata tidak dilakukannya mungkin dia berharap harga masih akan naik menembus level 1.800 sesuai analisis para pakar tapi ternyata tidak. Hari-hari kedepan harga ternyata turun terus meski tidak terlalu banyak tetapi dikarenakan dua posisi yang terbuka maka kerugian lebih besar. Dan celakanya berbagai posisi yang dia ambil kemudian banyak yang salah prediksi lagi. Hingga suatu pagi di hari senin tgl. 15 Oktober 2012 harga penutupan pada sesi hari jumat yang tadinya 1754 tiba-tiba drop ke angka 1744 (10 poin) dan itulah yang membuyarkan harapan saya saat dimana akun saya kena CALL MARGIN alaias TOP UP dana kalau masih mau main. si oknum SM datang dan mengatakan bisa main lagi pak kalau masih ada dana tambahan 50 juta. Saya bialng saya sudah kalah pak mau gimana lagi. Dari awal saya bilang cuma itu uang saya tidak ada tambahan kalau nanti ada apa-apa. Saya juga bilang dimana ilmu dari pengalaman yang 8 tahun itu. Mengapa waktu pertama kali ambil posisi di 1795 tidak sabar-sabar menunggu dulu situasi kondisi karena prediksi analis kan pada posisi 1.800 baru akan terjadi over bought, kan tinggal sedikit. Mengapa komitmen untuk ambil keuntungan sedikit-sedikit saja tidak dilaksanakan.

Saya tahu dia tidak berniat untuk mencelakakan saya, karena orang-orang yang bekerja seperti dia pasti ingin menangani nasabah selanggeng mungkin karena mereka mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang dilakukan nasabah. Mencari nasabah baru dalam bisnis ini juga bukan pekerjaan gampang. Banyak orang yang apriori dengan investasi jenis ini. Ya saya anggap ini sebagai teguran dari Allah SWT karena ketikateguran  pertama datang saya sudah berjanji dalam doa-doa untuk menarik diri apabila diberi kesempatan kedua. Dan ternyata setelah Tuham membalikkan modal saya, saya malah ingkar janji dan tetap bermain karena belum puas dengan yang didapat saat itu. Ternyata Tuhan kali ini memberikan hukumannya entahlah atau apa namanya sehingga doa-doa saya kali ini tidak dijabah meski saya sudah menangis memoohon ampun dalam doa-doa saya dan meminta kesmpatan kedua. Saya cuma berpikir semua ini saya lakukan demi membahagiakan keluarga bukan untuk dibuat bersenang-senang. Saya pikir Tuhan akan meridhoi niat baik seperti ini. Tapi mungkin ya sekali lagi mungkin caranya yang tidak diridhoi oleh-Nya.

Tetapi ya Tuhan mengapa tidak dari pertama Engkau memberikan petunjuk-Mu. Saat saya melakukan demo trading harusnya saya rugi waktu itu biar saya tidak yakin dengan bisnis ini. Tetapi kenapa justru saya dibuat untung yang membuat saya yakin bisa memperoleh keuntungan yang sama dalam trading yang sebenanrnya. Entahlah saya tidak tahu…..

Akhirnya saya tanya masih adakah dana yang bisa saya selamatkan dari sana. Ternyata masih ada 8 juta yang masih terselamatkan. Dan hari itu juga saya bilang sama oknum SM saya ingin mengambil uang saya yang tersisa itu dan menutup akun saya. Ya walau kalah setidaknya saya pernah mengambil 17 juta sebelumnya ditambah 8 juta yang terakhir ini. Untunglah…..

Saya cuma berpikir bahwa sekarang kekalahan ini sudah jelas dan nyata…seandainya waktu itu saya menarik diri ditengah jalan ketika kerugian belum begitu besar artinya saya sudah kalah sebelum berperang atau katakanlah saya lari dari medan pertempuran dan kekalahan itu saya sendiri yang menginginkannya. Tetapi waktu itu perang masih berlanjut, masih berproses, masih ada harapan bahwa pergerakan harga akan berpihak kembali memenangkan saya. Namun ternyata orang lain lebih beruntung. Mereka yang mengambil posisi tepat dengan pergerakan harga justru mendapat kemenangan (keuntungan) di saat yang lain orang-orang seperti saya mendapatkan kerugian….ya uang-uang dan keuntungan kerugian itu hanya berputar di antara trader-trader (baca : spekulan-spekulan) itu. Ya sekali lagi meski sakit tapi ini lebih memuaskan…..

Apa yang bisa saya simpulkan dari pengalaman saya ini adalah sebagai berikut. Mudah-mudahan siapa saja yang membaca artikel ini bisa mengmbil pelajaran di balik kisah ini :

  • Ini jelas bukan investasi seperti bahasa mereka. Kalau istilah Trading masih masuk akal. Investasi itu seperti anda beli saham perusahaan, anda beli mas batangan menunggu sampai harga mas naik, anda membeli tanah atau rumah dll. Investasi itu nilai bertambah sedikit demi sedikit tapi pasti. Lha ini…setiap hari dana kita dibayang-bayangi kerugian.
  • Trading apapun bentuknya apakah komoditi, emas, saham, valas, hampir sama dengan judi. Aspek spekulasi dalam trading ini sangat dekat dengan sifat judi walau sebagian orang mengatakan apa sih yang tidak judi atau beresiko. Orang berbisnis aja terkadang harus berspekulasi. Terserah dari anda mau setuju pendapat yang mana.
  • Ikut Trading akan membuat yang bersangkutan tidak konsentrasi kerja karena setiap saat ingin memantau pergerakan harga apakah untung atau jangan-jangan rugi.
  • Ikut Trading juga membuat susah tidur. Bagaimana mungkin anda nyenyak tidur sementara pada malam hari di indonesia malah di pasar Amerika lagi seru-serunya karena disana siang hari. Dan di pasar amerika pergerakan harga sangat besar sekali. Jadi jika anda memiliki posisi siang hari yang belum dilikuidasi malam harinya dijamin anda tidak akan bisa tidur nyenyak karena memikirkan nasib posisi anda.
  • Trading bisa mendatangkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat demikian juga sebaliknya kerugian dalam waktu singkat. Begitulah sifatnya. Itulah mengapa banyak orang yang tergiur dalam jenis perdagangan ini karena lebih memikirkan keuntungannya daripada resikonya.
  • Menurut saya tidak ada jaminan pengalaman seseorang berkecimpung di trading ini akan menjamin tidak ada resiko. Jangankan konsultan lokal para analisis tingkat dunia saja terkadang salah memprediksi.¬† Sy sudah buktikan sering membaca analisa-analisa pakar trading dunia di internet ternyata analisa mereka tidak selamanya tepat.
  • Tidak ada jaminan kalau kita mengikuti petunjuk mereka para konsultan trading itu lalu kita pasti untung. Di PT. PT. Solid Gold Berjangka ,¬†saya biasa mencoba berpedoman pada petunjuk yang diberikan di software mereka. Namun yang membingungkan karena bahasanya lebih sering bersifat ambigu (mendua) dimana disatu pihak mereka mengatakan akan seperti ini tetapi dilain pihak mereka¬† juga mengingatkan bisa saja terjadi sebaliknya. Dengan petunjuk seperti itu bagaimana kita sebagai nasabah bisa yakin mengambil langkah yang¬† meyakinkan. Itu cuma bahasa-bahasa cari selamat menurut saya. Jika kita ikuti petunjuk mereka dan benar kesannya mereka pahlawan. tetapi jika kita ikuti dan ternyata tidak sesuai harapan mereka akan bilang kan kami sudah mewanti-wanti bisa saja terjadi sebaliknya. Lalu kepada ahli yang mana lagi kita bisa bersandar sebagai nasabah jika sudah begini.
  • Perlu diketahui mereka pihak perusahaan, sales dan pialang-pialangnya di sana mendapatkan untung dari komisi di setiap trading yang kita lakukan. Oleh karenanya semakin sering kita trading semakin besar komisi mereka. Dari situ kita bisa menilai apabila transaksi diserahkan ke mereka bisa jadi merela lebih memikirkan banyak transaksi yang dilakukan dari pada keselamatan dana kita seperti yang terjadi pada saya. Pokoknya setiap hari kalau bisa ada transaksi kalau perlu beberapa kali karena mereka makannya dari sana istilah kasarnya.
  • Para sales, pialang di sana itu cuma bisa memainkan dana orang tanpa mereka memiliki nyali memainkan dana sendiri. Kenapa ? karena saya yakin merekapun tidak yakin 100% untung. Nah mereka saja tidak yakin lalu berani-beraninya menggunakan dana orang. Yaa jelas saja karena kalau ada apa-apa paling mereka menghilang atau kalau masih berani hanya menympaikan maaf dengan alasan mereka telah maksimal berusaha…halah segampang itu minta maaf lalu kerugian dan trauma nasabah siapa yg tanggung……!!???
  • Berita baiknya, untuk mencairkan dana di PT. Solid Gold Berjangka¬†sesuai pengalaman saya memang tidak sulit. Hari ini isi aplikasi besok sudah cair di rekening bank kita. Ini salah satu aspek baiknya dimana banyak orang berpikir kita akan dipersulit ketika ingin mencairkan uang kita, entah itu modal kita yang ingin kita tarik atau keuntungan saja.
  • PENTING!! psikologis yang anda rasakan ketika bermain dengan uang virtual (modal bo‚Äôongan) akan berbeda dengan saat anda sudah melakukan trading yang sebenarnya dengan uang anda. Saat demo/simulasi saya kadang asal ambil posisi saja kemudian memasang order posisi ambil untung. lalu saya tinggalkan. Terkadang saya lihat pergerakan harga berbalik dari posisi saya tetapi saya biarkan saja merugi. Namun sebentar ternyata posisi yang tadinya rugi menjadi keuntungan saat pergerakan harga berbalik lagi. Ya iyalah soalnya tidak ada beban, mau habis ya habis saja wong bukan uang betulan ini. Tetapi yang menggoda itu karena dengan cara trading asal-asalan itu malah mendatangkan keuntungan. Dari sinilah biasanya orang tergiur main beneran karena berpikir seandainya dulu itu ia trading beneran untungnya juga pasti betulan…halah. Padahal ketika sudah trading beneran anda akan dihantui ketakutan akan resiko/kerugian.

Ilustrasinya kira-kira seperti ini : Kadang anda sudah memiliki untung sedikit tiba-tiba grafik menunjukkan ada pergerakan yang melawan arah maka karena takut keuntungan yang ada walaupun sedikit ini hilang atau malah berubah menjadi kerugian lalu anda cepat-cepat menutup posisi. Ya anda untung memang tapi kecil saja ternyata harga makin menjauh dan secara menusiawi akan timbul penyesalan seandainya saja anda tidak cepat-cepat menutup maka saat itu keuntungan akan lebih banyak anda dapatkan.

Besoknya anda bertekad tidak cepat-cepat menutup posisi. Lalu terjadi lagi seperti tadi ada pergerakan melawan arah posisi anda. Tetapi anda berpikir ah sebentar juga balik lagi seperti kemarin. Ternyata tidak sesuai harapan. Pergerakan itu tidak berbalik dan ia semakin jauh merugikan anda. Anda pastinya khawatir, wah jangan-jangan makin terus nih. Maka anda pun cepat-cepat melikuidasi posisi anda.  Ya anda rugi dengan jumlah yang cukup banyak karena terlambat melikuidasi posisi. Anda terlalu lambat mengambil keputusan karena masih berharap pergerakan harga akan berbalik. Tapi ternyata ketika tengah malam saat anda tidur posisi sempat berbalik arah dan seandainya anda memantau saat itu anda akan mendapatkan keuntungan dari posisi yang tadi anda sudah tutup. Besoknya anda akan dibuat menyesal lagi.

Heyyy yang benar saja pergerakan harga ini ditentukan oleh jutaan kepala para trader yang ada di seluruh dunia. Trader-trader itu bisa saja mewakili dirinya sendiri seperti saya, mewakili dana himpunan dari para nasabahnya, mewakili lembaga keuangan, mewakili bank-bank dll. Posisi kita sebenarnya hanyalah seperti busa di lautan yang terombang ambing mengikut kemana arus mengarah. Posisi kita hanyalah menyumbang 0.0000000000000001 sekian persen pada pergerakan harga.

Bagaimana mungkin ada seseorang yang bisa memprediksi harga akan naik atau turun. Kalau ada orang yang bisa selalu memprediksi betul maka orang itu sudah pasti akan menjadi orang terkaya di dunia. Satu-satunya mungkin yang bisa menentukan harga naik atau turun adalah George Soros seorang kaya raya menggunakan kekayaannya untuk berspekulasi di trading. Bahkan saking signifikannya spekulasinya maka dulu dia dianggap sebagai salah satu pihak yang bertanggungjawab atas krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 akibat aksi spekulasinya pada pasar mata uang. Walaupun George Soros tidak setiap saat masuk ke pasar masalahnya apakah anda tahu kapan George Soros atau spekulan-spekulan semacamnya masuk pasar. Bisa dibayangkan ketika mereka masuk pasar dan mereka mengambil posisi yang tidak menguntungkan anda maka bisa jadi dana Anda saat itu juga akan tersedot, sebahagian atau semuanya. Ya kalau posisi anda tepat bisa jadi anda hanya menangguk untung lebih sedikit dari yang seharusnya dikarenakan anda melikuidasinya cepat-cepat disebabkan ketakutan kalau harga berbalik arah.

Begitulah yang saya rasakan dalam trading ini begitu sulit mengumpul keuntungan sedikit demi sedikit tetapi ketika rugi wah mereka tidak menunggu kita untuk tarik nafas atau berpikir.

Saya masih bersyukur dibalik musibah ini. Kalau saya baca-baca di internet ternyata lebih banyak orang yang rugi lebih besar. Ada yng top up dana hingga seratus persen itupun ludes. Wah kalau lihat grafik turun naiknya emas wih ngeri pak,bu,mas,bro……..Anda ngumpulin duit seratus juta mungkin tidak sebentar. Tapi di trading emas duit segitu bisa habis dalam semalam kalau lagi apes. percayalah…..

Semuanya kembali kepada Anda dalam mengambil keputusan.

Semoga ada manfaatnya bagi semua pihak dan menjadi pembelajaran bagi siapa saja.

Semoga juga kita punya mau meluangkan waktu untuk memperingatkan keluarga kita terutama di daerah atau di desa-desa untuk lebih hati-hati ketika ada tawaran untuk investasi emas. Soalnya banyak saudara-saudara kita di daerah yang memiliki kelebihan duit gampang terpengaruh dengan iming-iming dan janji-janji tanpa mereka dibekali penjelasan yang cukup bagaimana transaksi trading online emas ini dijalankan. Semakin berita ini tersebar semakin kita banyak menyelamatkan orang dari kemungkinan kesalah pahaman tentang proses bisnis ini.

Pesan kepada Adik-adik Fresh Graduated (Sarjana Baru)

Hati-hati dalam melamar pekerjaan. Kalau kalian disuruh mencari nasabah dulu untuk mendapatkan komisi itu pertanda perusahaan tersebut pemain bursa berjangka komoditi/Valas/Saham. Janganlah kalian mau masuk ke dalamnya hanya karena kalian merasa cari kerja susah dan anda mau bangga-banggaan dibilang sudah kerja. Ada beberapa konsekwensi yang harus anda persiapkan :

1. Sebenarnya perusahaan itu ingin menggunakan kalian untuk mencari nasabah, diharapkan nasabah yang bisa kalian gaet itu dari kalangan keluarga, saudara, teman atau kenalan kalian. Maka kalau nasabah kalian untung mungkin ia akan diam-diam saja kepada Anda tapi kalau nasabah kalian rugi bersiaplah menerima berbagai akibat buruk: Hubungan persaudaraan/perkawanan bisa rusak, anda dianggap penipu; Kalau nasabah anda bukan kenalan bisa-bisa anda akan dituntut atau bahkan dicederai (syukur-syukur kalau tidak dibunuh).

2. Anda belum tentu lama bekerja disana. Percayalah lama kelamaan anda akan tidak enak sendiri apalagi kalau sudah banyak nasabah anda yang rugi. Jadi bagi yang sekarang sudah bekerja di sana janganlah sok membela perusahaan itu karena anda cuma karyawan yang bekerja disana dan tidak selamanya bekerja disana. Biarkanlah nasabah yang sudah rugi termasuk saya  bekoar-koar untuk meluapkan kekesalan, kalian tidak usah sok membela perusahaan kalian. Malah himbauan saya keluarlah kalian dari sana karena hanya itu satu-satunya cara mematikan perusahaan itu apabila marketing yang jalan mencari nasabah sudah tidak ada. bagaimana, setuju ??

 

berikut contoh link berita-berita tentang PT. SGB

http://www.lawangsewupos.com/2012/07/diduga-ada-aktor-di-balik-kasus.html#sthash.gvly1hzq.dpbs

http://korbansolidgold.blogspot.com/

http://www.suaramerdeka.tv/view/video/32420/pt-solid-gold-berjangka-tilep-miliaran-rupiah

http://makassar.tribunnews.com/2012/12/04/nasabah-solid-gold-berjangka-kembali-mengamuk

dan masih banyak lagi apabila anda coba menelusuri di internet.

 

 

 

 

17 comments to PENGALAMAN RUGI INVESTASI TRADING EMAS DI PT. SOLID GOLD BERJANGKA MAKASSAR…..BERSIAPLAH RUGI ! (bukan hanya siap untung)

  • purnomo

    mohon dicantumkan email yang bisa dihubungi buat sharing
    terima kasih

  • Penulis

    Sharing disini saja pak supaya diskusi bisa terbuka dan melibatkan banyak pihak baik dari calon nasabah maupun yang sudah jadi nasabah. trims

    • Helo Investor, saya sangat sedih dengan kisah anda. Saya seorang trader sukses, setahun terakhir saya mendapat profit 20%. saya juga mengelola puluhan account, dan juga dari perusahaan yang butuh bantuan saya.

      Kalau boleh saya analisa… anda bermain emas dengan cara gambling. untuk bermain 1 lot di emas, minimal modal yang harus anda sediakan adalah 1M.

  • Terima kasih atas informasi yang di Berikan, ini merupakan informasi yang saya anggap sangat penting karena saya tadi pagi tgl 21 Nov 2012 baru saja di datangi oleh salah satu perusahaan PT.XX dan menawarkan hal yang sama dengan cerita anda dan awalnya saya tertarik dengan apa yang di sampaikan oleh mereka, dan dengan informasi dari anda ini merupakan pencerahan buat saya untuk tidak terjebak dengan bisnis ini.
    saya mengucapkan terima kasih banyak atas cerita dan informasi yang telah anda tuliskan di sini, ini merupakan informasi yang berharga untuk saya.

  • purnomo

    mau nanya pak bisa diklarifikasi pt.xxx

  • Terima kasih untuk infonya yang sangat detail dan berguna, saya senang dapat masukan yang berarti. Info ini sangat objectif dan berimbang.

    Sallam,
    Tjandra

    • penulis

      saya memang usahakan infonya berimbang dan objektif pak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau saya bukan eks nasabah saya bisa saja dibilang ‘asal ngecap’ tapi ini saya cerita pengalaman sendiri untuk menjadi petimbangan bagi orang lain sebelum mengambil keputusan. semoga bermanfaat.

  • kenapa bapak tidak pasang 1 point saja..semisal bapak pasang 1 poin di atas maupun bawah.. kemungkinan bisa untung terus meskipun sedikit2 dibandingkan dengan 10 point…..pergerakan emas lebih aman di 1 point dan semisal bapak kurang yakin bapak bisa pasang di 0,5 point.begitu saran saya

    • penulis

      saudara Alfi ini udah baca baik-baik dan lengkap tulisan saya di atas nggak ? kalau baru 2-3 paragraph jangan langsung comment deh. Kapan pernah saya bilang kalo saya ngambil 10 point ?

  • putra

    Dr pengalaman bpk letak kesalahan kerugian yg bpk alami itu di sebab kan oleh siapa pak apakah bpk atau dr pihak solid gold,menurut dr analisa dr pengalaman bpk letak kesalahan yg menyebabkan kerugian itu bpk sendiri krn terlalu percaya sm org dr pihak perusahaan.

  • penulis

    Ini lagi sok pembela SGB. Saya tidak bilang ini bukan salah saya. Tapi apakah lantas begitu kalau nasabah rugi SGB tidak ada sangkut pautnya ??? Baca dulu dari atas sampai selesai boz baru koment. Buat yg lain juga.

  • terima kasih atas informasinya, intinya dalam memulai suatu bisnis harus didasari dengan pengetahuan tentang bisnis itu sendiri. Untuk di bisnis forex,tidak cukup waktu 1 tahun untuk belajar dan langsung terjun di bisnis ini,kalau menurut saya kurangnya pengetahuan yg membuat anda rugi di bisnis ini.

  • Ari

    Sya tertarik dengan saham, tapi sya tdk mengerti cra bermainya, seandainya sya ikut join bagaimna caranya?

  • mohon informasi yg jelas soal perusahaan solid gold ini
    saya butuh informasinya
    makasih

  • pak saya ingin sekali sharing dengan anda mengenai perusahaan PT. SOLID GOLD berjangka.
    apakah saya boleh minta nomor telpon atau email bapak
    terima kasih

Tinggalkan Pesan Anda